Tips Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo

Tentunya para pencinta sepakbola mengenal sosok pemain bernama Cristiano Ronaldo. Pesepakbola yang dijuluki CR7 itu merupakan salah satu pemain sepakbola terhebat di dunia.

Tendangan bebas Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo terkenal akan tendangan bebasnya

Selain saling bekerja sama dengan baik oleh tim, kemampuan pemain yang kini bermain bersama Real Madrid ini juga memiliki kecerdasan strategis ketika berada di atas lapangan dan kemampuan menggiring bola yang sangat luar biasa, serta yang paling menonjol adalah tendangan bebasnya yang Dia sendiri juluki ‘knuckleball’.

Dan bagi Anda yang merupakan pemain sepakbola dan menyukai gaya permainan pemain peraih empat penghargaan Ballon d’Or itu. Tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana Ronaldo melakukan tendangan bebasnya yang sangat mematikan penjaga gawang lawan.

Nah, berikut ini langkah-langkah untuk melakukan tendangan bebas ala Cristiano Ronaldo. Penjelasan selengkapnya.

Langkah-Langkah Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sangat terkenal dengan tendangan bebasnya dan efek menukikkan bola yang Dia sudah patenkan dengan nama ‘knuckleball‘.

Cristiano Ronaldo
Langkah-langkah tendangan bebas Cristiano Ronaldo

Untuk Anda yang ingin dapat melakukan tendangan bebas seperti apa yang dilakukan oleh Ronaldo. Maka Anda sebaiknya belajar untuk memutar bola sedikit.

Setelah itu paksa bola tersebut menukik secara tiba-tiba ke bawah, sembari Anda tetap melepaskan tendangan dengan kecepatan penuh dan akurasi tinggi.

  • Posisikan Bola Dengan Pentil (Lubang Isi Angin) Mengarah Ke Anda

Langkah pertama yang Anda lakukan untuk dapat melakukan tendangan bebas ala Cristiano Ronaldo adalah dengan memposisikan bagian pentil atau lubang isi angin pada bola ke arah Anda. Sehingga bola akan sejajar dengan kaki Anda.

Dengan meletakkan bola seperti itu, maka Anda dapat titik beban utama pada bola berada tepat di depan kaki Anda. Sehingga ketika melepaskan tendangan dengan kekuatan penuh maka bola akan terlihat melengkung.

  • Mundur Beberapa Langkah dan Bergeser Ke Kiri atau Kanan

Selanjutnya langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan melangkahkan kaki ke belakang. Biasanya Ronaldo mundur 3 hingga 5 langkah. Setelah mundur, Anda bergeser ke kanan atau kiri, tergantung kaki mana yang akan Anda gunakan dalam menendang bola.

Sesudah itu, buka lebar-lebar kedua kaki Anda (lebih lebar dari bahu) dan kedua lengan lurus di bawah. Ketika mendekati bola, Anda gunakan pola ‘stutter-step‘.

Dengan melakukan gerakan stutter yang cepat, dapat mengelabui penjaga gawang dan juga para pemain lawan lainnya, yang membuat mereka tidak mengetahui pasti kapan tendangan mendarat.

  • Letakkan Kaki (bukan menendang) Dekat Bola Dan Posisikan Badan Melengkung Ke Arah Belakang

Berikutnya adalah dengan meletakkan kaki yang bukan menendang pada bagian samping bola. Misal Anda menggunakan kaki kanan untuk menendang, maka kaki kiri Anda berada tepat di samping bola.

Dan posisikan badan Anda melengkung ke arah belakang. Hal itu berguna untuk membuat sudut tendangannya ketika melepaskan bola melengkung ke atas.

Tendangan bebas mantan Manchester United itu terlihat seperti meledak pada waktu menendangnya dan cenderung naik dengan begitu cepat keatas.

Efek Knuckle-ball Cristiano Ronaldo

Untuk mendapatkan efek knuckle-ball seperti apa yang dilakukan oleh Cristiano Ronaldo ketika dirinya mengeksekusi tendangan bebas, Anda harus menyentuh bola dengan menggunakan bagian kaki atas yang menjulur dan membidik bagian pentil bola yang berada tepat di depan kaki Anda.

Efek knuckle-ball ala Cristiano Ronaldo

Sebaiknya hindari putaran pada bola sedikit mungkin. Alangkah baiknya untuk rajin berlatih menendang tepat pada tengah-tengah bagian bola. Dengan Catatan, bukan menggelindingkan bola dari Anda, tapi menendangnya.